List Inspirasi Desain Arsitektur ala Rumah Tradisional Jepang

List Inspirasi Desain Arsitektur ala Rumah Tradisional Jepang – Telah sejak dahulu kala tipe rumah tradisional khas Jepang menginspirasi para arsitektur internasional. Umumnya perumahan Jepang sekalipun telah mengadopsi banyak hal modern tetap saja teguh mempertahankan beragam sentuhan natural dalam arsitektur hunian tersebut. Ragam desain arsitektur khas rumah tradisional Jepang sangatlah kental dengan nuansa kekayuan pada umumnya. Hal inilah yang menjadi kunci utama kenapa hunian Jepang sangat identik dengan nuansa cozy nan asri sehingga membuat betah para penghuni lengkap dengan khas semilir angin terlebih untuk hunian di area pedesaannya. Nah untuk anda yang tengah ingin mengadopsi arsitektur khas negara Sakura yang satu ini bisa langsung saja intip list penting yang dijadikan patokan khusus untuk desain ala perumahan tradisional Jepang berikut ini.

 

Desain Arsitektur Outdoor Part ala Jepang Tradisional

design interior jakarta – Pertama-tama khusus bagi anda yang tertarik mengadopsi gaya hunian bertema tradisionalis Jepang maka harus cermat sejak mulai memilih arah rumah. Biasanya rumah tradisionalis Jepang paling populer memilih lokasi tanah di utara maupun selatan dan difokuskan mengarah ke selatan. Hal ini lantaran adanya pedoman bahwa rumah yang bagus ialah yang bisa banyak menyerap cahaya alamiah dari matahari. Desain arsitektur rumah Jepang tradisional juga sangat jamak yang mengarah pada view pegunungan ataupun mata air. Jika tak ada maka penambahan taman rumah sudah menjadi hukum yang sangat wajib.

Meskipun desain arsitektur rumah Jepang tradisionalis tak bisa dikategorikan sebagai bangunan full tertutup namun biasanya pada bagian halaman tetap akan disediakan pagar demi menjaga privasi. Hal ini juga amat berguna untuk memisahkan bagian jalan dengan halaman pada tiap rumah. Biasanya bahan tembok beton digunakan untuk pagar rumah Jepang perkotaan. Namun untuk rumah Jepang pedesaan tumpukan batu dengan kayu yang biasa dipilih sebagai material pagar beratap tersebut. Untuk atap sendiri kebanyakan hunian tradisional Jepang menggunakan bahan tebal nan luas untuk bisa mengatasi debit curah hujan yang biasanya cukup masif. Jangan lupa untuk perhatikan part satu ini ya.

 

Desain Arsitektur Indoor Part ala Jepang Tradisional

buatlemari.com – Tentunya ada banyak sekali hal unik dari part indoor pada hunian tradisional Jepang yang menarik banget untuk dicontek. Yang paling mencolok dari banyak rumah tradisional Jepang adalah penggunaan pintu geser yang sangat fungsional dan tentunya takkan memakan banyak tempat kala difungsikan. Selanjutnya ada juga part engawa berupa lorong pada teras rumah yang berfungsi sebagai tempat berkumpul khususnya pada musim panas tiba. Keberadaan genkan yakni ruang penyimpanan sepatu dan sandal khusus juga menjadi ciri khas tersendiri bagi rumah Jepang yang menandakan higienitas. Di Jepang juga populer menggunakan produk rumput tatami untuk lantai lantaran bisa memberi nuansa kehangatan serta kesejukan yang seimbang. Desain arsitektur interior rumah Jepang juga biasanya sangat khas dengan part alas tidur yang bisa digulung sehingga mmebuat ruangan jauh lebih multifungsi dan terkesan lapang. Hal ini juga sangat praktis diterapkan lantaran Jepang memang cukup akrab dengan insiden gempa bumi akibat wilayah geografisnya. Oya tempat mandi di Jepang juga tak kalah unik dengan desain furo atau wadah air dari batu tradisional turun-temurun yang sangat istimewa tentunya.

Demikianlah beberapa inspirasi desain arsitektur khas Jepang yang teramat unik sehingga bisa banget untuk mulai diadopsi kala anda ingin mewujudkan hunian impian anda. Hal terpentingnya yang sangat berkesan dari tipe hunian tradisional Jepang yakni nuansa natural minimalis yang bisa membangkitkan suasana cozy bagi seluruh penghuninya. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *